Friday 9 March 2012

Secret (不能說的秘密)

SECRET (不能說的秘密) (2007)


Synopsis :

     Ye Xiang Lun (Jay Chou) adalah seorang siswa musik di bidang piano yang pindah ke Tamkang (Danjiang) Secondary School. Sekolah ini merupakan sekolah yang sangat terkenal untuk para siswa yang sangat berbakat di bidang musik, terutama piano. Di hari pertamanya masuk sekolah, saat ia berkelana melihat-lihat gedung piano, ia mendengar suara melodi piano yang misterius, yang ternyata berasal dari piano yang dimainkan oleh Lu Xiao Yu (Kwai Lun Mei), siswi yang juga belajar di bidang piano. Ketika Xiang Lun bertanya kepada Xiao Yu tentang lagu apa yang ia mainkan barusan, Xiao Yu berkata bahwa itu adalah sebuah rahasia yang tidak dapat diceritakan kepada siapapun. Seiring waktu berjalan, hubungan merekapun berkembang seperti sebuah misteri. Dan ketika Xiang Lun memberitahu Xiao Yu bahwa bangunan piano tersebut akan dibongkar saat hari wisuda, akhirnya Xiao Yu mengajarkan Xiang Lun tentang lagu misterius tersebut.

     Namun karena sebuah catatan kecil yang dikirim ke orang yang salah dan mengakibatkan Xiang Lun mencium siswi lain yang bernama Qing Yi (Alice Tzeng). Hal itu tidak sengaja dilihat oleh Xiao Yu yang akhirnya mengakibatkan dirinya menghilang secara misterius selama 5 bulan. Xiao Yu hanya terlihat kembali saat hari wisuda dan selanjutnya menghilang lagi secara misterius.Xianglun bertanya kepada orang-orang di sekitarnya dan mencari tahu dari ibu Xiaoyu dan ayahnya sendiri (Anthony Wong Chau Sang) yang bahwa Xiaoyu sebenarnya adalah siswi dari angkatan tahun 1979, yang lulus 20 tahun lalu. Ayahnya mengatakan kepadanya bahwa Xiao Yu pernah mengklaim dirinya bepergian ke masa depan dengan bantuan sebuah piano tua yang disebut "Secret" yang terdapat di gedung piano. Dia telah jatuh cinta dengan Xiang Lun, karena yang tertulis di buku not adalah orang pertama yang dapat melihatnya di masa depan akan menjadi jodohnya, dan Xiang Lun adalah orang pertama yang dapat melihatnya.

     Ketika Xiao Yu melihat Qing Yi dan Xiang Lun berciuman, ia kembali ke waktu normalnya. Selama dia tidak ada di rumah, berita tersebut menyebar dan semua orang yakin bahwa Xiao Yu sudah gila. Mengingat bahwa ruang piano akan dihancurkan pada hari wisuda tahun 1999, ia mencoba ke masa depan untuk melihat Xiang Lun terakhir kalinya, tetapi ia melihat Xiang Lun mengenakan gelang milik Qing Yi. Percaya bahwa Xiang Lun sekarang milik Qing Yi, Xiao Yu kembali ke waktu normalnya dengan berat hati. Karena serangan asma, saat menulis pesan di meja sekolahnya kepada orang yang dicintainya dengan tinta tip-ex, Xiang Lun, Xiaoyu meninggal. Xiang Lun melihat tulisan di meja itu dan mencoba untuk mebalas pesan itu menggunakan tip-ex, tapi ketika ia tidak mendapatkan respon dia bergegas ke rumah Xiao Yu hanya untuk memastikan kamarnya kosong. Ibu Xiaoyu akhirnya mengakui bahwa Xiang Lun adalah orang yang telah digambar oleh anak putrinya dua puluh tahun yang lalu dan Xianglun menemukan kebenaran tentang perjalanan waktu Xiao Yu.

     Setelah mengetahui cerita tentang Xiao Yu, Xianglun menyadari bahwa melodi yang diajarkan Xiao Yu atau yang disebut "Secret", memiliki kekuatan untuk membawa sang pianis ke masa depan atau ke masa lalu tergantung dari tempo yang dimainkan sang pianis. Xiang Lun pun bergegas ke ruang piano, yang akan segera dirobohkan. Ayah Xiang Lun yang mengambil naskah musik yang telah diberikan Xiao Yu kepadanya, kemudian menyadari bahwa Xiao Yu telah menulis pesan rahasia untuk Xiang Lun. Sementara itu, Xiang Lun memasuki bangunan piano dan seiring pembongkaran dilakukan, Xianglun mulai memainkan lagu "Secret", mengingat Xiaoyu pernah mengatakan kepadanya saat mengajarinya not piano : "Saya selalu memainkannya dengan cepat ketika saya pulang". Sebelum ruang piano benar-benar hancur, Xiang Lun akhirnya kembali ke tahun 1979. Dia melihat Xiao Yu sedang menatapnya sambil tersenyum. Adegan terakhir adalah foto kelulusan Tamkang (Danjiang) Secondary School tahun 1979, di mana ada Xiang Lun dan Xiao Yu di foto tersebut. Karena bangunan piano telah hancur bersamaan dengan sang piano tua, Xiang Lun tetap selamanya berada di masa lalu bersama dengan Xiao Yu.


Cast :

- Jay Chou as Ye Xianglun (葉湘倫) 


- Kwai Lun Mei as Lu Xiaoyu (路小雨) 


- Anthony Wong Chau-sang as Xianglun's father (小倫爸爸) 


- Alice Tzeng as Qing Yi (晴依) 


- Devon Song as Aba (阿宝/阿寶) 

- Huang Junlang (黄俊郎) as Alang (阿郎) 
- Yu Hao Zhan as Yu Hao (雨豪) 

Soundtracks :

 

1. Opening
2. 腳踏車 (Bike)
3. 早操 (Morning Exercise)
4. 淡水海邊 (Tam Shui Seaside)
5. 鬥琴 (Piano Battle)
6. 湘倫小雨四手聯彈 (Xiang Lun and Xiao Yu's Piano Duet)
7. Ride With Me
8. 父與子 (Father And Son)
9. 情人的眼淚 (Lover's Tears)
10. First Kiss
11. 女孩別為我哭泣 (Girl, Don't Cry For Me)
12. 晴天娃娃 (Teru Teru Bozu)
13. 阿郎與阿寶 (Ah Lang And Ah Bao)
14. 與父共舞 (Dance With Father)
15. 路小雨 (Lu Xiao Yu)
16. The Swan
17. Flash Back
18. Secret (Slow Version)
19. Angel
20. 小雨寫立可白Ⅰ (Xiao Yu Uses The Tip-Ex 1)
21. 小雨寫立可白Ⅱ (Xiao Yu Uses The Tip-Ex 2)
22. Secret (Long and Fast Version)
23. 琴房 (Piano Room)
24. Ending
25. 不能說的秘密 (Secret) 

Awards and Nominations : 

- 2007 : 44th Golden Horse Awards : Best Supporting Actress - Alice Tzeng (Nominated)

- 2007 : 44th Golden Horse Awards : Best Visual Effects - Victor Wong , Eddy Wong, Yiu Ming Cheung, Donnie Lai (Won)

- 2007 : 44th Golden Horse Awards : Best Original Score - Terdsak Janpan and Jay Chou (Nominated)

- 2007 : 44th Golden Horse Awards : Best Original Song - 不能說的‧祕密 (Secret) by Jay Chou
released in Secret (Won)

- 2007 : 44th Golden Horse Awards : Outstanding Taiwanese Film of the Year (Won)

- 2007 : 44th Golden Horse Awards : Outstanding Taiwanese Filmmaker of the Year - Jay Chou (Nominated)

- 2008 : 27th Hong Kong Film Awards : Best Asian Film


 
 
 
 
















1 comment:

  1. Mau tanya, piano yang di mainin XiangLun di menit 55:41 judulnya apa? Makasih..

    ReplyDelete